Berita
No Comments

Walikota Salatiga Serius Kembangkan Ekonomi Syariah di Salatiga

Walikota Salatiga, Yulianto saat menerima penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan dalam Kegiatan Training of Trainer (ToT) Pasar Modal Syariah yang diselenggarakan oleh PD MES Kota Salatiga, Sabtu (3/8) di Hotel Wahid Salatiga. (Foto: PD MES Slatiga)

Salatiga, MES Salatiga – Walikota Salatiga Yulianto terbukti memiliki perharian serius dalam pengembangan ekonomi syariah di Kota Salatiga. Wujud keseriusan tadi diwujudkan beliau dengan berkenan menjadi Ketua Dewan Pembina Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (PD MES) Kota Salatiga periode 1440-1443 H. Dia juga sudah sering terlibat dalam setiap kegiatan PD MES Kota Salatiga. Yang terakhir adalah kegiatan Training of Trainer (ToT) Pasar Modal Syariah yang dilaksanakan di Hotel Wahid Salatiga pada, Sabtu (3/8) yang lalu.

Latar belakang diselenggarakanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Kota Salatiga dalam perekonomian syariah dengan langkah pertama yaitu meningkatkan literasi masyarakat tentang ekonomi syariah. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, PD MES Kota Salatiga bekerjasama dengan Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK RI).

Tidak sembarangan, narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini berasal dari berbagai kalangan. Mereka dianataranya Dien Sukmarini dari Direktorat Pasar Modal Syariah OJK, M. Bagus Teguh Perwira yang merupakan Pengurus Pusat MES dan tidak lupa juga melibatkan praktisi Pasar Modal Syariah yaitu Agus Mulyono dari BNI Sekuritas.

Hadir menyambut seluruh peserta, Ketua PD MES Salatiga, Faqih Nabhan. Dalam sambutannya dia berharap agar kegiatan ini benar-benar dapat meningkatkan pemahaman masyarakat Kota Salatiga tentang Pasar Modal Syariah. Atas nama panitia penyelenggara, dia juga berharap seluruh peserta yang hadir agar dapat melaksanakan tugasnya untuk menyampaikan kembali materi yang akan diperoleh hari ini kepada komunitas atau masyarakat di sekitarnya.

Sebagaimana disebutkan diawal, Kegiatan ini bukan kegiatan PD MES Kota Salatiga yang pertama yang dihadiri langsung oleh Walikota Salatiga. Dia juga sudah sering terlibat dalam kegiatan PD MES Kota Salatiga. Salah satunya kegiatan sebelum ini yaitu Pelantikan Pengurus PD MES Kota Salatiga dan Seminar Pasar Modal Syariah. Ini menjadi bukti keseriusan dan perhatian Walikota Salatiga dalam mendukung perkembangan ekonomi syariah di Salatiga.

Untuk menegaskan keseriusan dan kepedulian tersebut Walikota Salatiga dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa peningkatan literasi ekonomi syariah melalui instansi, kampus dan lembaga masyarakat yang ada di Salatiga akan meningkatkan pemahaman masyarakat Kota Salatiga tentang Pasar Modal Syariah. Dia juga berharap agar setiap peserta dapat membantu menyebarluaskannya ke masyarakat di Salatiga, terutama mengenai  instrumen-instrumen syariah seperti obligasi, saham, reksa dana dan lain-lain. Sebab, selama ini, sebagian besar masyarakat Salatiga masih menilai bahwa menanam saham adalah haram sebagaimana berjudi (gambling).

“Melalui TOT ini diharapkan peserta dapat menyampaikan ke masyarakat dan mahasiswa di wilayah Saltiga agar bisa memahami pasar modal syariah, dan membantu masyarakat untuk tidak terjerumus dalam investasi bodong”, tandasnya.

Penulis: Hamdan Yuafi

Sumber: Berbagai Sumber

You might also like
Berita

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu