Berita
No Comments

Forum Studi Halal Salatiga Diluncurkan

SALATIGA, suaramerdeka.com – Fatayat NU Pulutan bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Salatiga menyelenggarakan seminar nasional sekaligus peluncuran (launching) Forum Studi Halal dan Thayib (Fusilat) di Gedung Maarif Pulutan, Minggu (31/3).  

Seminar tersebut nasional mengambil tema “Konsumsi Makanan Halal Jaminan Hidup Sehat”. Hadir sebagai narasumber adalah Dr Faqih Nabhan SE MM (Ketua MES Salatiga) serta Ir Nafiatul Umami, SPt PhD (Dekan Fakultas Industri Halal Universitas NU Yogyakarta yang juga Sekretaris Halal Center Universitas Gajah Mada).

Dalam paparannya Faqih Nabhan mengulas perihal perkembangan gaya hidup halal secara global, nasional, serta regional. Juga keterkaitannya dengan pertumbuhan industri halal dan dampaknya pada kehidupan industri serta ekonomi. 

Sementara itu Nafiatul Umami menguraikan tentang alasan, hikmah serta manfaat konsumsi makanan halal dari berbagai sudut pandang, baik ilmiah akademis mau pun sudut pandang syariat.

Ketua Fatayat NU Pulutan yang sekaligus Direktur Fusilat Salatiga  Arna Asna Annisa menuturkan bahwa kehadiran Fusilat dimaksudkan sebagai bentuk upaya membangun kesadaran serta edukasi tentang urgensi serta manfaat barang-barang halal, di Salatiga khususnya dan secara lebih luas di Indonesia.

“Menjadi kewajiban bersama untuk menguatkan kepedulian, kesadaran dan pemahaman akan urgensi barang-barang halal dan thayib. Sebab apa yang dikonsumsi dan dinikmati manusia akan berdampak pada output-nya, pola pikir, sikap, dan perilaku,” katanya. 

Menurut Arna,  seluruh pihak perlu membangun kesepahaman bersama bahwa halal dan thayib (baik)  merupakan standar objektif dan universal. Ini tidak hanya memberi kemanfaatan bagi muslimin, melainkan seluruh manusia.

“Ke depan, Fusilat akan bersinergi dengan MES, MUI, IAIN, pemerintah daerah serta para pelaku usaha. Ini terkait untuk melakukan gerakan penyadaran serta pengarusutamaan produksi serta konsumsi barang-barang halal dan thayib secara lebih luas dan masif,” tandasnya. 

You might also like
Berita

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu